Ilmu layaknya isian risol, beraneka ragam namun satu kenikmatan.

Tuesday, March 13, 2012

Perbedaan Ilmu Ekonomi, Politik, serta Sosiologi

8:54 PM Posted by Agus Hadi Muhidin No comments

Ilmu ekonomi manurut Adam Smith adalah secara sistematis  mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.
Ilmu Politik menurut Ramlan Surbakti adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat, dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masayarakat yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu.
Ilmu Sosiologi menurut Pitirim Sorokin adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.
Perbedaannya dari ketiga ilmu tersebut yaitu masing-masing memiliki peran dalam kehidupan masyarakat seperti contohnya ilmu ekonomi yang mendalami bagaimana cara individu atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap jasa dan barang langka yang diawali oleh proses produksi, distribusi dan konsumsi (pertukaran). Sedangkan politik lebih mendalami pada sistem Negara seperti, bagaimana seorang penguasa untuk mengatur sistem kenegaraannya agar mencapai kestabilan baik di bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dll. Selanjutnya sosiologi, ilmu yang memberi pelajaran terhadap masyarakat akan gejala-gejala sosial yang ada dalam masyarakat.
Intinya walaupun ke tiga ilmu ini memiliki perbedaan satu sama lain, tetapi ke tiga ilmu ini memiliki keterkaitan juga satu sama lain seperti dalam melakukan tindakan ekonomi, seseorang akan berhubungan dengan institusi-institusi sosial (dapat dikatakan: berinteraksi sosial) seperti pasar, rumah sakit, keluarga dan lainnya. Tentunya sistem politik pun mempengaruhi perekonomian dalam suatu Negara yang berimbas pada tingkah laku sosialnya.

Referensi
http://carapedia.com/pengertian_definisi_ilmu_ekonomi_menurut_para_ahli_info490.html
http://roudhzmee.wordpress.com/2009/01/01/pengertian-ilmu-politik-politik-dan-konsep-dasar-ilmu-politik/
http://putracenter.net/2009/04/15/definisi-definisi-ilmu-sosiologi-menurut-para-ahli/

0 comments:

Post a Comment