Ilmu layaknya isian risol, beraneka ragam namun satu kenikmatan.

Friday, October 21, 2011

SOFTSKILL BAB 1: RUANG LINGKUP BISNIS

5:07 PM Posted by Agus Hadi Muhidin No comments

Akhir-akhir ini marak sekali bisnis yang dilakukan oleh setiap orang mulai dari bisnis kecil-kecilan sampai bisnis besar seperti retail, apa lagi saya yang sebagai mahasiswa fakultas ekonomi pasti terbesit dalam benak saya untuk menjalankan bisnis. Jika kita ingin berbisnis pastilah kita harus mengenal lebih dalam lagi apa yang dimaksud dengan bisnis, mari saya akan jelaskan.
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Laba merupakan daya tarik utama untuk melakukan kegiatan bisnis, sehingga melalui laba pelaku bisnis dapat mengembangkan skala usahanya untuk meningkatkan laba yang lebih besar. Didalam bisnis pasti terdapat kegiatan memproduksi barang atau pun jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Menurut jenisnya, bisnis terbagi dalam empat kelompok sebagai berikut:
1. Monopsoni
Bentuk pasar ini merupakan bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli memiliki kekuatan dalam menentukan harga. Dalam pengertian ini, pasar monopsoni adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana permintaannya atau pembeli hanya satu perusahaan. Contoh yang ada di Indonesia seperti PT. Kereta Api Indonesia yang merupakan satu-satunya pembeli alat-alat kereta api.
2. Monopoli
Arti dari pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli atau konsumen. Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran, tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute), produsen memiliki kekuatan menentukan harga, dan tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
3. Oligopoli
Oligopoli adalah suatu bentuk pasar dimana terdapat dominasi sejumlah pemasok dan penjual. Pada kenyataannya, Sistem oligopoli yang ada, memiliki konsentrasi pasar yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa persentase yang besar dari pasar Oligopoli ditempati oleh perusahaan-perusahaan komersial negara terkemuka. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan perencanaan strategis untuk mempertimbangkan reaksi dari pesaing lain yang ada di pasar. Oligopoli dalam praktek pasar bebas, sangat menguntungkan para pemilik modal yang banyak.
4. Oligopsoni
Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas
Tujuan bisnis, dalam berbisnis pastilah kita mempunyai perencanaan serta tujuan atas bisnis yang akan kita lakukan. Tujuan dari bisnis antara lain adalah untuk memperoleh laba, membantu pertumbuhan ekonomi, kontinu atau bisnis tidak hanya berhenti jika modal telah kembali tetapi harus berkelanjutan, bisnis untuk memebrikan pelayanan bagi konsumen, serta berbisnis untuk kesejahteraan.
Memebicarakan bisnis pasti tidak lepas dengan perekonomian itu sendiri. Perekonomian di Indonesia sudah cukup bagus. Semua Negara pastilah mempunyai sistem ekonomi yang berbeda dan Indonesia memakai system ekonomi demokrasi pancasila. Sebelum kita mengetahui macam-macam sistem ekonomi, kita harus mengetahui pengertian dari sitem ekonomi. Sistem ekonomi merupakan perpaduan dari aturan–aturan atau cara–cara yang menjadi satu kesatuan dan digunakan untuk mencapai tujuan dalam perekonomian. Suatu sistem dapat diibaratkan seperti lingkaran-lingkaran kecil yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya.
Sistem ekonomi dapat berfungsi sebagai :
a. Sarana pendorong untuk melakukan produksi
b. Cara atau metode untuk mengorganisasi kegiatan individu
c. Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa terlaksana dengan baik.
1. Perekonomian terencana
perekonomian terencana ada 2 yaitu komunisme dan sosialisme
  • sistem perekonomian komonisme adalah sistem perekonomian dimana peran pemerintah sebagai pengatur seluruh sumber-sumber kegiatan perekonomian
  • sistem perekonomian sosialisme adalah suatu sistem perekonomian  yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepeda setiap orang untuk melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah
2. Perekonomian pasar
perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan
  • Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian
  • Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik
Itulah macam-macam sistem perekonomian, setelah itu saya akan menjelaskan kesempatan bisnis dalam masyarakat. Dalam dunia bisnis, setiap peluang dan kesempatan yang bisa di manfaatkan dengan baik akan menghasilkan sebuah keuntungan. Tidak hanya dari segi financial namun juga dari konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis. Namun untuk menciptakan peluang bisnis dibutuhkan keinginan yang kuat, serta kreativitas yang tinggi untuk kelangsungan bisnis yang akan digeluti.
Unsur-unsur penting dalam kegiatan perekonomian (6 M) adalah:
* Manusia
* Modal
* Material
* Metode
* Manajerial
* Mesin /peralatan
  • Manusia   : Manusia dalam kegiatan ekonomi adalah sebagai sumberdaya manusia atau sebagai tenaga kerja, manusia tidak bisa dipisahakan dari kegiatan perekonomian karena manusia berperan penting sebagai konsumen, produsen, serta pengendali perekonomian.
  • Modal       : Suatu konsep abstrak yang manifestasinya dapat berupa barang atau uang, modal merupakan unsur penting dalam perekonomian karena dengan adanya modal perekonomian akan berjalan dan sebaliknya.
  • Material   : Dalam perekonomian pastilah ada meterial atau objek yang digeluti dalam dunia perekonomian, contoh dalam pasar minyak pasti materialnya adalah minyak mentah sebagai bahan mentah hingga minyak yang telah di klasifikasikan menjadi macam-macam jenis minyak.
  • Metode    : Berbisnis bukan hanya sekedar menjalankan usaha yang digeluti tapi berbisnis juga harus menggunakan metode berbisnis yang benar agar bisnis tersebut berjalan lancar serta berkelanjutan.
  • Menejerial : Dalam perekonomian sistem menejerial pasti sangat dibutuhkan untuk melakukan manajemen produksi, pengorganisasian, personalia agar kinerja pekerja pun menjadi baik.
  • Mesin/peraltan : Perekonomian pun harus didukung dengan alat-alat pendukung seperti mesin dan peralatan lainya.
Bagi orang yang masih awam mengenai bisnis, haruslah mengetahui hakikat bisnis. Saya akan menjelaskan hakikat bisnis seperti dibawah ini.
Hakikat Bisnis
Seorang bisnisman atau wirausahawan akan melihat kebutuhan masyarakat lingkungannya. Upaya ini merupakan proses mengidentifikasi potensi bisnis, bahkan dalam hal ini biasanya diikuti dengan perkiraan atau antisipasi atas pertumbuhan potensi pasar tersebut di masa datang. Disamping itu juga akan memperhitungkan adanya persaingan yang timbul dari pengusaha lain yang juga bergerak dalam melayani kebutuhan pasar yang sejenis. Disisi lain pengusaha haruslah memikirkan tersedianya sumber daya serta sumber dana beserta dengan cara yang sebaik-baiknya guna melayani kebutuhan pasar tersebut dengan memproduksikan dan menyajikan barang dan jasa yang dihasilkan itu kepada masyarakat, kelebihan hasil di ongkosnya itulah yang merupakan laba atau keuntungan.
Jika kita telah mengetahui pengertian bisnis, manfaat dan tujuannya, serta mengetahui hakikat dari bisnis itu sendiri, sampailah kita pada satu pertanyaan untuk apakah kita mempelajari bisnis? Kita mempelajari bisnis agar kita bisa mengimplementasikan pada kehidupan nyata dimasyarakat. Mengapa? Karena dengan berbisnis kita bukan hanya mendapatkan keuntungan dari bisnis yang kita lakukan tapi juga mambantu mengurangi angka pengangguran jika kita membuka bisnis dengan memerlukan tenaga kerja yang banyak, dan membantu menambah devisa bagi negara karena dengan kita berbisnis pastilah ada laba yang kita peroleh dan kita wajib membayar pajak untuk pendapatan negara.
Sekian posting saya kali ini. Dan ini adalah tugas pertama softskill saya. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sampai jumpa di posting selanjutnya.
 SUMBER
  • http://melaniapuspa.blogspot.com
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
  • http://p4hrul.wordpress.com
  • Pengantar bisnis oleh M.Fuad, DKK. HTTP/Books.google.co.id
Nama                    : Agus Hadi Muhidin
NPM                      : 20211369
Kelas                     : 1EB07
Fak/Jurusan            : Ekonomi/Akuntansi

0 comments:

Post a Comment